Kamis, 19 Juli 2012

Tips Perawatan Vagina Setelah Melahirkan



Saat melahirkan, ada wanita yang menjalani irisan bedah melalui perineum atau area antara vagina dan anus. Hal tersebut dilakukan untuk memperlebar vagina agar mempermudah proses kelahiran. Pasca melahirkan, biasanya luka di area tersebut masih akan terasa sakit hingga beberapa minggu. Untuk itulah, pentingnya perawatan miss v pasca melahirkan agar dapat mengurangi rasa sakit pada luka.

Nah, berikut adalah perawatan daerah kewanitaan setelah melahrikan, ini dia tipsnya :
  • Pastikan bekas luka selalu dibersihkan. Untuk membersihkan atau membilas luka di area miss v, Anda bisa menggunakan air pada botol semprotan. Anda juga bisa berendam di bak mandi dengan air hangat.
  • Lakukan perlahan-lahan saat Anda akan duduk. Tekan kedua bokong bersamaan untuk menghindari meregangnya bokong. Anda dapat menambahkan bantal empuk untuk mengurangi tekanan saat duduk.
  • Saat Anda akan buang air besar, biasanya akan terjadi kontraksi pada luka Anda. Untuk mengurangi rasa sakitnya, Anda bisa menggunakan bantal bersih untuk menahan luka dan menekannya ke arah atas.
  • Untuk mengatasi perih saat buang air kecil, Anda bisa melakukan posisi seperti hendak duduk saat di toilet. Tapi jangan sampai duduk. Setelah itu, basuh miss v Anda dengan air hangat.
  • Melakukan senam kegel. Senam ini memiliki manfaat untuk mengencangkan otot vagina, terutama pasca melahirkan. Dengan melakukan senam kegel secara rutin, dipercaya pula mampu mengatasi masalah kandung kemih wanita. Untuk melakukan senam ini, Anda cukup melakukan gerakan seperti menahan buang air kecil. 
  • Lakukan gerakan menahan tersebut dan tahan sampai hitungan ke delapan, lalu ulangi kembali
  • Waspadai luka Anda terkena infeksi. Jika luka tersebut mengalami sakit, bengkak, panas, hingga mengeluarkan nanah, ada kemungkinan luka.
  • Anda terkena infeksi. Agar infeksi cepat tertangani, maka segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan awal.

1 komentar:

  1. sukses dan lancar selalu gan... sangat menarik dan informatif
    http://www.ramuanku.com/products.php?cid=18

    BalasHapus