Jumat, 06 Juli 2012

Teknik Dribbling Dalam Sepak Bola


Dalam Bermain bola teknik dribbling merupakan teknik yang harus bahkan wajib dimiliki oleh setiap pemain sepak bola dalam melewati lawannya. Lantas bagaimanakah teknik dribbling yang benar pada saat belajar olahraga sepak bola ?

Nah, berikut adalah caranya teknik dribbling dalam olahraga sepak bola :

Pertama
Jika Anda ingin membawa bola dengan cepat ke daerah kosong (tidak ada lawan), lakukanlahspeed dribbling yakni dengan menendang bola lalu mengejarnya. Namun jika Anda membawa bola di sekeliling lawan, lakukanlah closed dribbling yakni dengan senantiasa menjaga agar bola tidak lebih dari setengah meter di depan Anda. Dalam melakukan closed dribbling, jangan menambah kecepatan dengan cara memperlebar langkah kaki Anda atau mendorong bola lebih jauh ke depan, akan tetapi tingkatkanlah frekuensi langkah kaki Anda.

Kedua
Jangan terlalu banyak menggiring di sepertiga lapangan Anda. Anda boleh lebih leluasa menggiring di sepertiga lapangan lawan.

Ketiga
Sewaktu menggiring, jika lawan membayangi Anda dari samping maka teknik berbalik (turning) seringkali bisa membantu Anda mengecohnya.

Keempat
Ketika Anda membawa bola dan ada lawan di depan Anda, sangat baik jika Anda tidak tergesa-gesa mengumpankan bola padahal Anda masih jauh darinya. Giringlah bola terlebih dahulu mendekati sang lawan, dan pada saat yang seakhir mungkin umpankanlah bola kepada teman. Dengan demikian, sang lawan pasti akan terlambat untuk bisa mengantisipasi bola tersebut. Namun, jika Anda terlambat dalam mengumpan maka sangat mungkin lawan akan bisa merebut bola dari kaki Anda.

Kelima
Sewaktu menggiring, jika lawan menghadang di depan Anda maka umpankanlah bola kepada teman atau lewatilah lawan yang menghadang tersebut. Terdapat banyak teknik untuk melewati lawan, yang pada prinsipnya adalah menjadikan lawan sulit bergerak mengejar bola, mati langkah, salah antisipasi, atau kehilangan keseimbangan. Diantara teknik-teknik tersebut adalah matthews move, menggunting (scissors move),step over, cruyf move, melewatkan di bawah kedua kaki lawan (nutmeg move), berpura-pura mau menendang (fake kick), berputar (spin move), mencungkil bola (sombrero move) dan elastico move.

Yah, mungkin teknik diatas dapat dijadikan referensi bagi Anda yang sedang belajar sepak bola, jika mungkin Anda masih mengalami kesulitan dalam melakukan teknik dribbling, mungkin Anda dapat mengikuti sebuah kelas belajar sepak bola.

Disini Anda dapat belajar sepak bola dari yang teknik dasar bahkan sampai yang profesional. Lalu bagaimana ? tertarik untuk belajar sepak bola ? jika ya silakan Anda mengklik link yang tersedia.
Terimakasih

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar