Jumat, 20 Juli 2012

Rahasia Puasa Tetap Sehat


Puasa merupakan kegiatan dimana kita akan menahan lapar dan haus selama lebih dari 12 jam, untuk itu pasti tubuh kita akan mengalami yang namanya dehidrasi. Nah bagi Anda yang tidak mau dehidrasi dan tetap fit selama berpuasa mari simak berikut ini :

Selalu konsumsi makanan bergizi baik saat sahur ataupun berbuka, meski dengan menu sederhana, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Jangan asal kenyang semua dibabat, harus ada kontrol.

Agar Anda mampu menahan rasa lapar, perbanyak jenis makanan berserat yang banyak terdapat dalam sayur dan buah. Tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat. Ini menjadi suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena begitu banyak hidangan atau beragam jenis makan yang tersedia dan mudah didapatkan ketika Ramadhan yang semuanya manisan dan gorengan sehingga makanan yang mengandung serat terlupakan.

Upayakan banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Minimal setiap tubuh membutuhkan 2 liter air putih untuk menjaga agar badan tidak mudah lemas dan aliran oksigen dalam tubuh menjadi lancar.

Usai sahur jangan langsung tidur, karena tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan, selain itu Anda juga boleh menunjangnya dengan suplemen multi vitamin sehat agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Saat berbuka, jangan langsung minum air dingin atau es. Sebaliknya, biasakan berbuka dengan minuman yang hangat. Perut kosong bisa menjadi kembung, bila Anda langsung berbuka puasa dengan air dingin, karena asam lambung dalam tubuh akan terbentuk semakin banyak.

Jangan langsung makan besar saat berbuka, agar lambung tidak kaget. Sehingga kerja lambung tidak terlampau berat karena lambung membutuhkan ruangan kosong untuk mencerna makanan. Kunyah makanan dengan baik untuk meringankan kerja pencernaan. Disarankan konsumsi kurma sebanyak 3 butir, itu akan lebih sehat. Slow saja, jangan langsung semua dibabat karena alasan balas dendam dan sekarang sudah menjadi alasan klasik..:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar