Selasa, 10 Juli 2012

Bermain Piano Dapat Meningkatkan Kecerdasar Otak


Bisa dikatakan musik tidak pernah lepas dari setiap sendir kehidupan kita, musik merupakan sejumlah nada yang dimainkan dengan komposisi tertentu sehingga menimbulkan nada atau suara yang enak didengar , itulah musik.

Salah satu jenis alat musik yang paling baik untuk meningkatkan kemampuan otak anak tersebut adalah piano. Memainkan alat musik seperti piano, akan membuat anak lebih cerdas dibandingkan dengan anak-anak yang tidak dilatih dalam memainkan piano. Hal tersebut juga akan membuat anak lebih kreatif, karena piano akan membuat otak anak terus aktif bekerja. Piano juga tidak akan membuat anak bosan, karena terdapat banyak cara untuk memainkannya dan selalu banyak lagu baru untuk dimainkan.

Biasanya, orang-orang yang mampu memainkan piano adalah orang-orang yang ber-IQ tinggi. Sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada mengungkapkan, bahwa anak-anak yang mengikuti pelajaran piano dan menyanyi mendapatkan nilai lebih tinggi dibandingkan anak-anak lainnya. IQ mereka rata-rata naik menjadi 7 sementara anak-anak lain yang tidak mengikuti pelajaran piano dan menyanyi memiliki rata-rata IQ 4,3.

Selain meningkatkan kecerdasan, ternyata memainkan alat musik seperti piano juga dapat menempa mental anak menjadi lebih baik. Memainkan piano juga mampu mengajarkan anak untuk memperhatikan dan mengingat sesuatu, serta meningkatkan koordinasi antara otak dan anggota tubuh yang lain, terutama tangan. Tangan seorang pianis juga biasanya akan menjadi lebih kuat dan lebih jenjang, sehingga membuatnya dikagumi oleh orang lain.

      Yang terpenting, seorang pianis tidak pernah berhenti untuk belajar teknik piano. Banyaknya lagu di dunia membuat mereka selalu belajar tiap hari karena tidak mungkin untuk menghafalkan semua lagu di dunia, terlebih setiap hari pasti muncul ribuan lagu baru dari musisi-musisi di seluruh dunia. Namun begitu, cara belajar yang dilakukan oleh para pianis adalah cara belajar yang tidak membosankan, karena mempelajari sebuah lagu adalah pelajaran yang menantang namun penuh dengan kegembiraan.

Bagaimana tertarik untuk belajar piano ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar