Rabu, 11 Juli 2012

Manfaat Spirulina Bagi Kesehatan Tubuh



Pernahkah Anda mendengan dengan spirulina ? bagi yang belum tahu, saya akan jelaskan, spirulina merupakan alga biru hijau bersel tunggal berbentuk spiral. Meskipun alga ini telah ada sejak tahun, hanya baru-baru ini bahwa berbagai penelitian telah menunjukkan kepada potensi manfaat suplemen. Ini adalah sejenis makanan super karena bernilai tinggi gizinya. Anda bahkan dapat menemukan persentase yang lebih tinggi dibandingkan protein kacang kedelai atau daging sapi.

Bahkan, itu berisi kuantitas secara signifikan lebih tinggi Vitamin B12 dalam suplemen ini dari dalam hati sapi. Hal ini membuatnya menjadi suplemen gizi sangat baik bagi vegetarian yang tidak lagi harus menanggung kekurangan vitamin karena pantang dari daging sapi dan chicken.

Nah, bagi yang ingin tahu apa saja manfaat Spirulina, yuk langsung saja kita lihat dibawah ini :

Meningkatkan imunitas
Pada penelitian terbaru terhadap kandungan spirulina, terungkap bahwa ganggang ini bisa menjadi stimulan penyembuhan kanker lewat kemampuannya meningkatkan daya tahan tubuh. Spirulina bekerja dengan meningkatkan produksi antibodi, cytokines, (protein pelawan infeksi), dan sel lain yang meningkatkan imunitas sehingga membantu menyembuhkan infeksi dan penyakit kronis seperti kanker.

Sebagai suplemen protein
Enam puluh dua persen spirulina terdiri dari asam amino sehingga kaya akan protein dan nutrisi lain. Spirulina telah digunakan secara tradisional sebagai suplemen alami bagi orang yang tidak dapat memperoleh kalori atau protein yang cukup karena diet atau bagi orang yang membutuhkan nutrisi lebih seperti atlet.

Mengatasi anemia
Spiriluna juga dapat menstabilkan jumlah sel-sel darah merah, sel-sel darah putih, dan hemoglobin. Selain itu, memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh serta mengurangi efek samping terhambatnya produksi stem sel atau sel-sel penghasil sel darah. Pada percobaan terhadap hewan, terlihat bahwa spirulina meningkatkan hematopoiesis yakni pembentukan sel darah merah. Itu diyakini karena tingginya kandungan zat besi di dalamnya.

Mengatasi alergi
Spirulina juga dapat melawan reksi alergi dengan cara mencegah pelepasan histamin atau zat yang menyebabkan gejala alergi seperti hidung tersumbat dan mata berair.

Mengatasi penyakit yang berhubungan dengan antibiotik
Meskipun menghancurkan organisme yang merugikan dalam tubuh, antibiotik juga dapat membunuh bakteri baik yang disebut probiotik seperti Lactobacillus acidophilus yang terkadang menyebabkan diare. Spirulina terbukti dapat meningkatkan pertumbuhan L acidophilus dan probiotik lain.

Mengatasi infeksi
Sehubungan dengan sifat antibiotiknya, spirulina memiliki kemampuan menangkal herpes, influenza, cytomeglovirus, dan virus HIV.

Mengatasi kanker mulut
Dalam suatu penelitian, sebanyak 87 orang yang mengunyah tembakau dan mempunyai precancerous lesion (leukoplakia) diberikan spirulina atau plasebo secara acak. Hasilnya, lesi atau luka pada mulut pada pemakai spirulina lebih terbantu untuk sembuh daripada pemakai plasebo.

Mengatasi kerusakan lever
Spirulina dapat membantu melawan perusakan lever dan cirrhosis (gagal lever) pada hepatitis kronis.

Mengurangi risiko kanker
Spirulina berguna menunjang fungsi kardiovaskuler dan keseimbangan kolesterol, memperbaiki fungsi pencernaan, meningkatkan fungsi detoksifikasi serta mengurangi risiko kanker dengan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Mengurangi efek kemoterapi
Spirulina mengurangi efek yang tidak baik dari kemoterapi, seperti kepala pusing, tidak nafsu makan, sukar tidur, mual muntah, tenggorokan kering ataupun cemas.

Yah, sekian informasi yang dapat saya berikan kali ini mengenai manfaat dari Spirulina bagi kesehatan tubuh, dan lakukan perawatan cara sehat semaksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar