Kamis, 30 Agustus 2012

Pengaruh media online pada kalangan anak-anak

Jaman saat ini media online sudah tak asing lagi bagi semua kalangan dari anak-anak,remaja dan orang tua
Biasanya anak-anak menggunakan media Online untuk memainkan game-game online, memakai jejaringan sosial tapi dampak buruknya adalah anak-anak akan selalu kecanduan dengan internet, jadi anak-anak bisa malas untuk belajar. apakah anak anda seperti itu? bingung untuk melakukan apa pada anak anda?
berikut cara-cara nya:

1. Tanamkan kebiasaan
Dalam Buku Steven Habbits menuliskan : Tanamkan perbuatan tuailah kebiasaan. Rumah kita, Bagaimana kita bisa menata keadaan rumah dan membiasakannya.  Apakah ia menjadi rumah pendidikan bagi setiap anggota keluarga karena suasana keseharian yang aktifitasnya pendidikan. Jadi anak-anak dapat belajar di rumah dengan nyaman. Tetapkan media apa saja agar anak-anak anda nyaman d rumah dan tidak terfokus pada media internet saja.
2. Lakukan penyadaran
Langkah ini dilakukan ketika anak sudah mulai bisa berfikir dan berdialog agar lebih muda di terapkannya. Dialog penyadaran yang dilakukan bukan semata-mata berkaitan dengan televisi atau media lain. Anak juga diajak merenungkan tentang kehidupan, apa tujuan hidup, dan bagaimana mengisi hari-harinya, Dan memilah aktivitas yang produktif untuk pengembangan masa depan yang lebih baik.
3. Berikan Alternatif
Anak-anak selalu membutuhkan arahan tentang aktivitas. kalau orang tua tidak memberikan arahan kepada anak-anaknya bisa saja anak itu selalu bermain facebook. Tapi anda juga jangan fokus pada urusan anda, dalam Facebook advertising anda, namun berikan perhatian terhadap anak anda juga.
4. pentingnya keteladanan
Anda sebagai orang tua juga harus memberikan keteladanan bagi anak-anak anda, karena biasanya anak akan meniru orang tua. kalau anak dilarang menonton sinetron, maka orang tua juga jangan sembunyi-sembunyi menontonnya. keteladanan tidak saja karena kita ingin anak-anak meniru yang baik-baik saja, tapi juga aspek tanggung jawab kita sebagai orang tua.
5. Jangan marah berlebihan
Jangan pernah marah berlebihan kepada anak anda, karena bisa memberikan dampak negatif bagi mental nya.
6. Jangan pernah memeberikan Contoh yang tidak baik
Anak akan mengikuti apa saja yang anda lakukan, jadi jangan pernah melakukan tidakan yang negatif seperti
bermain judi, maupun itu di judi online atau sebagainya. jangan merokok di depan anak.

Tentunya anda tidak mau kan kalau anak anda mejadi negatif.

1 komentar: